Senin, 14 Juni 2010

Ordo Malaikat menurut alkitab, tradisi dan kitab Apokrib




Dalam sejarah gereja dan tradisi nya.. banyak sekali di kisahkan tentang malaikat bahkan dalam surat paulus beberapa malakai di bagi menjadi beberapa ordo yaitu, Seraphim, Cerubbim, throne, virtue, ruler, powers dan kingdom. Dan semua angel di pimpin oleh ordo yang paling kuat yaitu cherubim, pemimpinnya disebut archangel ( malaikat agung)





1. Seraphim

Artinya yang bernyala-nyala. Mereka memiliki nyala kasih yang paling berkobar di hadapan Tuhan dengan pemahaman yang ungguh mendalam. Wujud mereka menurut Kitab Wahyu pada Yohanes di Pulau Patmos: Mereka ada 4 orang, bersayap empat, satu seperti manusia, satu seperti kerbau, satu seperti elang, dan satu singa. Fungsinya adalah penjaga Tahta Allah, seraphim biasa di sebut malaikat pujian yang biasa memuji TUHAN dengan “ Kudus, kuduslah TUHAN di surga” mereka yang di lihat juga oleh para gembala saat kelahirannya yesus. Malaikat ini perkasa dan sangat dekat dengan kekuasaan, oleh karena itu Lucifer dulunya adalah malaikat dari ordo ini.





2. Cerubhim (Kerub)


Artinya kesempurnaan dari kebijaksanaan. Kerubim berdiri di depan kebijaksanaan Ilahi dan merenungkan semua penyelenggaraan Tuhan dan semua makhluk ciptaannya. Konon, merekalah yang menjaga jalan masuk ke taman firdaus dimana Buah Kehidupan tumbuh. Kerubim adalah pasukan perang Allah mereka biasa di gambarkan dengan menggunakan pedang, beberapa Malaikat Agung ( archangel) berasal dari ordo ini, seperti Michael, Gabriel, dll. Malaikat ini yang di gunakan Allah untuk berjaga pada Taman firdaus dan Tabut perjanjian Allah.





3. Tahta (Throne)

Melambangkan keadilan Tuhan. Mereka berdiri dengan memuji semua kuasa keadilan Tuhan. Tidak banyak yang di bahas oleh Kitab suci untuk ordo malaikat ini. Tapi Tradisi mengatakan malaikat ini adalah yang berjaga2 di sekitar Tahta Allah dan membuat selalu kudus.





4. Penguasa ( Ruler)

Nama yang melambangkan otoritas ini adalah pemimpin paduan suara yang lebih kecil. Malaikat penguasa adalah malaikat yang bertugas mengatur alam semesta di kitap henokh ( Apokrip) banyak sekali di jelaskan dari tugas2 malaikat ini.







5. Keutamaan ( Virtue )


Nama ini menimbulkan kesan daya atau kekuatan. Mereka siap menerima perintah dari golongan Penguasa. Mereka malaikat yang menjaga semua keteraturan di alam semesta tetap terjaga. Seperti matahari selalu terbit dari timar dan arah angin.




6. Kekuatan ( Powers )

Kelompok ini bertugas untuk melawan semua kuasa gelap yang merajai bumi. Mereka yang memberikan kekuatan dan penyembuhan bagi orang2 yang berharap pada TUHAN.







7. Kerajaan (Kingdom)

Melindungi kerajaan duniawi seperti negara dan kota-kota, mereka yang menjadikan kerajaan dan menghancurkan kerajaan di dunia. Semua kerajaan di dunia adalah buatannya dan di dirikan ataupun di hancurkan karena kehendak ALLAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar